TNI AL Gagalkan Penyelundup Ganja di Kapal Penumpang Saat Berlayar di Perairan Papua Tengah

NABIRE PAPUA TENGAH, BUSERJATIM.COM GROUP  – Kapal Perang TNI Angkatan Laut, KRI Tatihu-853 bersamaunsur BKO Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada III, melaksanakan penjemputan seorang tersangka diduga pelaku pembawa narkotika jenis Ganja (10 bungkus plastik) dari KM Labobar dengan rute Nabire – Manokwari saat sedang berlayar di Perairan Teluk Cenderawasih Papua Tengah. Jumat (07/06/24).

 

Read More

Adapun kronologi kejadian adalah, saat unsur BKO Guskamla Koarmada III, yaitu KRI Tatihu-853 sedang berlayar melaksanakan patroli di sekitar Perairan Teluk Cendrawasih, kemudian menerima informasi dari Mako Guskamla Koarmada III, bahwa personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nabire yang berada di KM Labobar telah mengamankan seorang terduga pelaku pembawa narkotika jenis Ganja.

 

Setelah mendapat informasi tersebut, Komandan KRI Tatihu-853 Mayor Laut (P) Teguh Abiwibowo segera mendeteksi keberadaan KM. Labobar yang sedang berlayar di sekitar Perairan Teluk Cenderawasih, kemudian melaksanakan komunikasi via radio, selanjutnya memerintahkan KM. Labobar untuk stop mesin.

 

Pada saat KM Labobar berhenti, KRI Tatihu-853 langsung merapat pada lambung kanan kapal penumpang tersebut, dan melaksanakan Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan, selanjutnya Tim Pemeriksa KRI Tatihu-853 bertemu dengan Tim dari Lanal Nabire yang sudah mengamankan terduga pelaku pembawa Ganja.

 

Selanjutnya Tim Pemeriksa KRI Tatihu-853 melaksanakan embarkasi dan pengamanan terhadap seorang terduga pelaku dari KM Labobar untuk kemudian dibawa menuju Lanal Nabire, menurut Komandan Lanal Nabire Letkol Laut (P) Pius Herdasa Krisna Murti, dikatakan bahwa teduga pelaku adalah seorang laki-laki dengan inisial AT umur 21 tahun, dengan alamat dari Kota Jayapura Papua, sedangkan barang bukti yang diamankan adalah Narkotika jenis Ganja sebanyak 10 Paket dalam bungkus plastik.

 

Pada kesempatan tersebut Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla., mengatakan bahwa TNI AL di Koarmada III berkomitmen untuk terus menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional pada wilayah kerja Koarmada III terhadap segala bentuk penyelundupan dan tindakan-tindakan illegal, hal tersebut selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yaitu mewujudkan rasa aman kepada masyarakat terhadap gangguan dari manapun, guna mendukung Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

 

Selain itu Pangkoarmada III menyampaikan apresiasi atas sinergitas dengan semua aparat dan keberhasilan jajaran Koarmada III dalam mengamankan dan menangkap pelaku pembawa narkotika jenis Ganja melalui jalur laut.

 

(Tim/Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *